Kasiat Jeruk Nipis untuk Sakit Maag

Diposkan oleh Satrio on Selasa, 15 Mei 2012





Gastritis atau radang lambung lebih dikenal dengan sebutan penyakit maag. Pada penderita radang lambung atau maag, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan berparut atau luka. Selain luka pada dinding lambung, juga luka pada usus 12 jari.


Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis. maag kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal. Hal ini sering dapat menimbulkan peradangan di seluruh lapisan dinding lambung.  maag dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. maag dapat menimbulkan pendarahan (hemorrhagic gastritis) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul di lambung, penderita akan muntah yang mengandung darah yang berwarna cokelat seperti kopi.

Pada penderita maag akut, sering mengeluhkan adanya suatu gejala dengan perasaan lambung tak enak, kram perut, indigesti, nafsu makan berkurang, mual dan muntah. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung dalam beberapa jam hingga beberapa hari.  Sedangkan pada penderita maag kronis mempunyai gejala yang sama atau rasa tak nyaman yang ringan. Sering kali gejala tersebut menjadi samar-samar, seperti tidak toleran terhadap makanan berlemak atau pedas. Bahkan bisa saja bila terjadi serangan ringan akan dapat diatasi dengan makan.

Meski kerap dipandang enteng, penyakit maag alias gastritis menjadi masalah dunia. Pada 2005, Melanie Weck dan Hermann Brenner dari Pusat Riset Kanker Jerman di Heidelberg, Jerman,` meriset penderita sakit maag di negara-negara di Asia, Amerika, Australia, dan Eropa. Mereka menjumpai kasus maag di Asia-Jepang, China, dan Iran, diderita lebih dari 50% populasi penduduk dan hampir setengahnya dialami orang berusia 25-55 tahun alias usia produktif.

Moraes TM dan rekan-rekan dari Department of Physiology Sao Paulo State University, Brasil, menemukan bahwa sari jeruk nipis mengandung zat yang merangsang kelenjar di permukaan dinding lambung untuk memproduksi lendir. Lendir itu melindungi dinding lambung dari kerusakan akibat gesekan. Hasil riset mereka menunjukkan 99% tikus yang dirangsang dengan etanol absolut dan obat nonsteroid NSAID tidak mengalami kerusakan lambung berkat pemberian sari jeruk nipis.

Hasil riset lain oleh Smail Aazza dan koleganya dari Faculty of Sciences, University Sidi Mohamed Ben Abdallah, Maroko dan University of Algarve, Portugal, mendapati zat linalol dan linalil asetat sebagai zat antioksidan yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan. Di tanah air, buah tanaman kerabat kemuning itu lazim digunakan untuk mengatasi jerawat, merapatkan pori-pori, sampai mengurangi lemak tubuh. Maria Margaretha Andjarwati, herbalis di Kelapagading, Jakarta Utara, biasa meresepkannya untuk mengatasi batuk.

Jeruk nipis mengandung berbagai senyawa aktif seperti asam sitrat, asam amino, glikosida, sampai vitamin seperti B1 dan C. K Heyne dalam Tumbuhan Berguna Indonesia menyebutkan, buah tanaman anggota famili Rutaceae itu lazim dimanfaatkan untuk merangsang keluarnya dahak pada penderita batuk berdahak. Belum ada yang menyebutkan pemanfaatannya untuk mengatasi sakit mag. Itu sebabnya dr Akrom menekankan agar penderita mencari dosis yang tepat sehingga kesembuhan lekas tercapai.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Kusmiati Setia mengatakan...

Jeruk Nipis ternyata banyak manfaatnya. tKS infonya gan

Poskan Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.